Install composer linux mint

Cara Install Composer di Linux Mint

Cara Install Composer di Linux Mint adalah sebagai berikut:

Apa itu Composer?

Composer adalah tools dependency manager pada PHP. Dependency diartikan ketika project PHP yang Anda kerjakan masih membutuhkan atau memerlukan library dari luar. Composer berfungsi sebagai penghubung antara project PHP Anda dengan library dari luar.

Composer merupakan sebuah aplikasi package manager PHP yang menyediakan format standar untuk mengelola dependensi dan juga library-library PHP yang diperlukan.

Dengan Composer ini, kita bisa dengan mudah melakukan download maupun update dependensi ataupun library PHP yang kita inginkan.

Dependency manager memungkinkan kamu untuk membuat dan mengambil library pada project PHP kamu pada library packagist.org. Packagist.org sendiri merupakan situs yang menyediakan banyak libary yang bisa kamu gunakan. Dengan bantuan tools tersebutkamu bisa terhubung pada situs packagist.org dan kamu dapat mengambil dan mengupload library.

Manfaat Composer

Berikut manfaat menggunakan composer saat mengerjakan projek PHP:

  • Dengan menggunakan Tools ini, Anda bisa lebih terstruktur saat coding PHP dengan menggunakan konsep MVC.
  • Package yang Anda butuhkan saat mengerjakan projek PHP akan secara otomatis terinstal atau mengupdate tanpa harus menginstall secara manual.
  • Anda tidak perlu melakukan include terhadap semua file php atau class php yang dibutuhkan dalam proyek PHP Anda, Karena sudah terdapat autoload yang akan menghandle fungsi tersebut.
  • Dengan menggunakan dependency manager yang terhubung dengan packagist, Anda dapat dengan leluasa menggunakan ribuan package yang sudah tersedia packagist.

Install Composer

1. Update Sistem, update terlebih dahulu sistem linux nya dengan menggunakan perintah:

sudo apt-get update

Ketikkan perintah di atas pada terminal kemudian tekan enter dan tunggu sampai proses update selesai.

Update Sistem Linux
Update Sistem Linux

2. Install Ekstensi PHP, selanjutnya kita install ekstensi php yang diperlukan oleh composer, dengan cara sebagai berikut:

sudo apt-get install php-curl php-cli php-mbstring unzip
Install Ekstensi PHP
Install Ekstensi PHP

3. Download dan Install Composer, setelah semua dependensi yang diperlukan sudah terinstall, selanjutnya kita download dan install composer dengan perintah di bawah ini:

curl –sS https://getcomposer.org/installer | php
Download dan Install Composer
Download dan Install Composer

Tunggu sampai proses selesai. Jika sudah sekarang kita tinggal memindahkan composer.phar ke dalam folder /usr/local/bin/composer dengan menggunakan perintah:

sudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer
Memindahkan composer.phar
Memindahkan composer.phar

Menjalankan Composer

Silahkan tes apakah Composer berhasil terinstall pada linux dengan mengetikkan perintah berikut:

composer

Kemudian langsung tekan enter. Jika muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, berarti composer sudah berhasil terinstall.

Menjalankan Composer
Menjalankan Composer

Web Programmer. Flutter Developer. Content Creator. Founder Ayongoding.com. Penyuka minuman sachet. Menulis pakai tangan kanan. Masih main mobilan remot. Dan pernah kuliah Sistem Informasi sampai lulus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *